Sabtu, 24 Maret 2012


Router
                Router merupakan perangkat jaringan yang lebih kompleks dan mahal jika dibandingkan dengan device yang lain. Dengan menggunakan informasi pada masing-masing paket data, router dapat melakukan routing dari satu LAN ke LAN yang lain, menentukan rute terbaik antara jaringan. Trafik yang dibangkitkan oleh suatu LAN terisolasikan dengan baik dari trafik yang dibangkitkan oleh LAN lain. Jika dua atau lebih LAN terhubung dengan router, maka setiap LAN akan di anggap sebagai subnetwork  yang berbeda. Sama dengan bridge, router juga dapat menghubungkan network interface berbeda.
            Router sering di gunakan untuk menghubungkan pengguna-pengguna LAN-WAN dengan koneksi internet. Router adalah device physical  yang menghubungkan antar network-network, seperti gateway. Router beroprasi pada network layer pada OSI model. Router bekerja dengan melakukan konfigurasi informasi-informasi  yang disimpan dalam sebuah lokasi yang disebut juga routing table. Router akan mem-filter traffic yang keluar masuk dalam jaringan berdasarkan alamat IP pengirim dan penerima. Karena mempunyai sifat yang dapat mem-filter paket-paket data yang masuk, menahan dan mengantarkan paket data tersebut ke tujuan yang benar, maka router biasanya dipakai dalam jaringan-jaringan yang kompleks, seperti WAN.
            Router masih termasuk mahal untuk ukuran negara kita. Router yang umun dipakai ada dua jenis, yaitu router dedicated (buatan pabrik, misal Cisco, BayNet Works) dan PC router. Oleh karenanya beberapa perusahaan di Indonesia menggunakan PC router untu menggantikan yang buatan pabrik dengan dilengkapi beberapa software yang berfungsi seperti router, misal Winroute atau Wingate. Syarat sebuah PC dapat di gunakan sebagai router, antara lain memiliki lebih dari satu interface jaringan, mampu mem-forward paket IP, serta dapat menjalankan program untuk mengatur routing paket, seperti Mikrotik, sistem operasi router yang sering digunakan diberbagai warnet di negara kita untuk mengatur lalu-lintas trafik jaringan.







 Gambar : Model Router





Beberapa produsen router adalah sebagai berikut :                                                                  
  •    Asus                            (www.asus.com)
  •    Alcatel                         (www.alcatel.com)
  •  Belkin                           (www.belkin.com)

Sumber : http://www.mediakom-penerbit.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar