Minggu, 17 Juni 2012


Keamanan Jaringan

            Sistem jaringan komputer merupakan sistem jaringan yang terbuka, maksudnya pengguna (user) dalam jaringan tersebut dapat mengakses device / resource yang tersedia.
            Tahun belakangan ini pengguna Internet sangat pesat, hal ini di tandai dengan semakin banyakya komunitas-komunitas diskusi di internet. Contohnya e-com-merce untuk berbelanja di internet (shopping online), pengguna harus memasukan nomor kartu kridit untuk memulai berbelanja hal ini sangat berbahaya apabila orang lain akan bisa mengetahui dan mencuri informasi tersebut, sehingga dapat di gunakan hal-hal yang tidak baik.
            Dalam perang Irak dan Amerika serikat tahun 1990, pengguna internet begitu terlihat, dari peliputan berita TV, radio, komunikasi antar prajurit, sampai cyber warfare. Tidak hanya dunia bisnis, sekolah, institusi perusahan, atau militer saja yang menggunakan hal tersebut, bahkan individu rumah yang telah mulai menggunakan fasilitas internet ini.
            Berdasarkan survei dan riset balakangan ini, diketahui bahwa tidak ada satu pun jaringan komputer yang 100% aman dari serangan hacker, virus, spam, email, bomb dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar