Minggu, 29 April 2012


JARINGAN
A.    Kasus Jaringan pada Satu Ruangan
            Jika komputer yang ada pada kantor atau institusi anda berada pada suatu ruangan, maka teknologi jaringan yang tepat digunakan adalah ethernet card, maka harus andalakukan adalah :
1.      Membeli card ethernet untuk masing-masing komputer dengan jenis external card memakai USB port, karena lebih mudah dalam pemasangannya.
2.      Membeli satu hub network ethernet dengan jumlah port yang sesuai untuk koneksi ke masing-masing komputer dalam satu jaringan.
3.      Membeli kabel RJ-45 untuk koneksi pada masing-masing komputer.

B.     Kasus Jaringan pada Ruangan yang Berbeda
Jika berada pada ruangan yang berbeda, maka salah satu komputer akan menjadi ICS host atau semacam server. Jika pada masing-masing komputer terdapat phone jack, maka anda dapat membeli satu network adapter external dengan port USB. Dengan memakai network adapter tersebut, maka anda tinggal memasukan network adapter eksternal tersebut pada port USB dan pada phone jack. Solusi yang lain adalah anda menggunakan network adapter wireless, sehingga anda tinggal memasukan network adapter tersebut pada masing-masing komputer dan anda dapat bekomunikasi antar komputer tersebut dengan menngunakan sinyal radio.
C.    Kasus Jaringan pada Ruangan yang Sama dan Berbeda
Misal terdapat contoh kasus sebagai berikut : anda memiliki dua komputer pada ruangan yang sama, satu komputer pada kamar anak, sebuah laptop pada ruangan lain, dan mungkin satu komputer bagi pembantu di dapur. Satu dari dua komputer yang ada pada ruangan yang sama berjalan menggunakan sistem operasi windows dan mempunyai DSL ekternal atau kabel modem yang dihubungkan pada sebuah network adapter ethernet, dan komputer ini berfungsi sebagai ICS host. Komputer lainya pada ruangan yang lain juga telah mempunyai sebuah network adapter ethernet. Maka alternatif solusi yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :
            Untuk dua komputer yang ada pada ruangan yang sama :
1.      Anda hendaknya membeli satu network adapter ethernet untuk komputer ICS host.
2.      Membeli satu hub ethernet.
3.      Membeli kabel network RJ-45 untuk koneksi masing-masing komputer ke hub.
Sedangkan untuk komputer pada kamar anak dan didapur :
            Asumsikan bahwa komputer-komputer tersebut berada dekat dengan jack telepon, maka anda bisa menggunakan network adapter HPNA dengan memakai port USB. Untuk laptop, anda juga dapat menggunakan network adapter ethernet dengan memakai port USB. Solusi yang lebih sederhana adalah menggunakan jenis network wireless, maka pada setiap komputer memerlukan network adapter jenis wireless.

Referensi : http://www.mediakom-penerbit.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar